Tips Membuat CV yang Baik dan Menarik

Blog Single

Salam Sobat Karier, kali ini Pusat Layanan Pengembangan Karir IAIN Kudus akan membagi tips membuat CV yang tips ini diberikan langsung oleh Pusat Pengembangan Karier Harvard University.

Sebelum admin memberikan tips mujur untuk membuat CV yang baik dan menarik. Tahukah, sobat karier apa perbedaan CV dan Resume? Sebenarnya CV dan Resume tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bahkan, beberapa menganggap perbedaanya tak lebih dari cara penyebutannya, dimana orang Amerika menyebutkan Resume, sedangkan orang Inggris menyebutnya dengan CV.

Beberapa sumber yang lain tetap mendefinisikan perbedaannya. Resume umumnya lebih banyak digunakan saat melamar di dunia kerja dan berisi rangkuman tentang pengalaman dan keahlian. Sedangkan, CV lebih menekankan pada informasi yang berhubungan dengan pengalaman akademis dan penelitian, seperti publikasi dan presentasi yang pernah dilakukan. Oleh sebab itu, CV lebih sering digunakan dalam lingkungan akademis.

Berikut, adalah tips yang bisa sobat karier lakukan untuk membuat CV yang baik dan menarik:

  1. Bahasa yang digunakan
    • Spesifik, jangan terlalu umum
    • Pakai alamat aktif, jangan pakai kalimat pasif
    • Ditulis dengan tujuan untuk mengekspresikan diri kamu, bukan untuk membuat kagum orang lain
    • Lugas, jangan muluk-muluk
    • Berbasis fakta
    • Memudahkan orang lain dalam membaca cepat
  2. Kesalahan yang paling terjadi
    • Spelling dan grammar errors
    • Melewatkan email dan nomor kontak
    • Menggunakan kalimat pasif
    • Tidak terorganisasi dengan baik, terlalu panjang, atau sulit dibaca dengan cepat
    • Satu CV untuk semua. CV yang baik hendaknya benar-benar dijahit untuk masing-masing tujuan yang berbeda
  3. Yang perlu dilakukan
    • Konsisten dalam format dan konten
    • Mudah dibaca dan diikuti
    • Gunakan spasi, huruf tebal, dan huruf besar yang konsisten untuk penekanan
    • Infomrasi ditulis dengan urutan reverse chronological order, yang berarti informasi atau pengalaman yang paling baru ditulis lebih dulu sebelum pengalaman lainnya
    • Cantumkan lisensi, pencapaian, penghargaan, sertifikasi, info lain yang relevan dengan jurusan yang akan dilamar
    • Pastikan format anda diterjemahkan atau dapat terbaca dengan benar jika dikonversi ke.pdf (jika berbahasa asing)
  4. Yang jangan dilakukan
    • Menggunakan kata ganti orang (seperti Saya)
    • Menggunakan singkatan
    • Menulis dengan gaya naratif
    • Menggunakan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari
    • Menyertakan gambar
    • Mencantumkan kontak referensi
    • Menyantumkan usia atau jenis kelamin

Struktur CV yang umum digunakan:

  1. Personal Information 
    • Nama lengkap
    • Nomor kontak
    • Alamat email
  2. Summary, keterangan singkat yang memuat
    • Pengalaman
    • Skill
    • Pencapaian
  3. Education
    • Tahun belajar
    • Nama sekolah dan gelar yang didapat
    • Informasi lain yang mendukung seperti: beasiswa, penghargaan, sertifikat/kursus yang relevan
  4. Work Experience
    • Tahun bekerja
    • Tempat bekerja
    • Keterangan peran/tanggung jawab pekerjaan
    • Pencapaian terbaik selama bekerja
    • Pengalaman lain seperti part time dan volunteer juga bisa dimasukkan untuk mendukung profil anda\

 

cr: lpdp.ri

Share this Post1: